Silsilah Ompu Tiar

Silsilah si Raja Goesar Sijabat
Si Raja Goesar Sijabat adalah generasi ke-14 si Raja Batak dan kawin dengan boru Malau Pase Salaon kira-kira tahun 1645. Si Raja Goesar mempunyai 3 (tiga) orang putera, yaitu:
1.    Ompu Hutamas
2.    Ompu Dingin (Raja Oloan)
3.    Ompu Raja Mulia



Ompu Hutamas, anak pertama si Raja Goesar pindah dari Salaon ke Lumban Pansur, dan keturunannya Ompu Hasingkalan ke sitanduk serta Ompu Tuan Joir ke Torundolok Aek Rangat.



Ompu Dingin, anak kedua si Raja Goesar tinggal di Salaon, dan keturunannya bermukim di desa Jagar-jagar , di Tandarabun. Namun ada juga yang merantau ke pematang Raya Simalungun dan berubah marga menjadi Saragih.

Ompu Raja Mulia, anak ketiga si Raja Goesar, kira-kira tahun 1670 pindah dari Salaon dan membuka pemukiman didesa Pardugul Buhit dan mempunyai seorang putera bernama Ama Jamulia.

Ama Jamulia kira-kira tahun 1700 kawin dengan boru Sagala Parbumbunan dari Bonandolok Sagala dan mempunyai 3 (tiga) orang putera, yaitu:
1.    Ompu Jonggara
2.    Ompu Janialaman
3.    Ompu Taronggal
Ompu Janialaman , anak kedua dari Ama Jamulia, kira-kira tahun 1730 menikah dan mempunyai seorang putera bernama Ama Janialaman. Dan Ama Janialaman kira-kira tahun 1755 menikah dan mempunyai 4 (empat) putera, yaitu:
1.    Ompu Dawa
2.    Ompu Jagarnahoda
3.    Ompu Bilolang
4.    Ompu Matangor
Ama Janialaman dan keempat puteranya masih bermukim di desa Pardugul Buhit.
Ompu Dawa, anak pertama dari Ama Janialaman , kira-kira tahun 1785 menikah dan mempunyai 2 (dua) orang putera, yaitu:
1.    Ompu Ronsang
2.    Ompu Raja Uluan
Menurut kisah, Ompu Raja Uluan dan anaknya Ama Uluan merantau ke Barus dan Sibolga.


Ompu Ronsang Goesar Sijabat
Kira-kira tahun 1815, Ompu Ronsang kawin dengan boru Sitohang dan mempunyai seorang putera yang bernama Ama Ronsang dan seorang puteri bernama Basa Rentauli.

Ompu Ronsang membuka pemukiman baru di Tanah Darat Buhit, di desa Lumbanpasir Buhit dan kesaktian yang mandraguna. Kesaktian Ompu Ronsang menurun dari kakek buyutnya si Raja Goesar Sijabat dan/atau dari Ompu Datu Parngongo.

Kira-kira tahun 1845, Ama Ronsang kawin dengan boru Sitohang dan mempunyai 2 orang putera, yaitu:
1.    Ompu Tiar
2.    Ompu Manail
 Perkawinan Ompu Tiar Goesar Sijabat
Ompu Tiar, anak pertama dari Ama Ronsang, kira-kira tahun 1904 menikah dengan boru Gurning dari desa Balian Janji Lbn. Gurning Buhit dan mempunyai 4 (empat) orang putera, yaitu:
1.    Lamisana
2.    Jalin
3.    Samina
4.    Makkani

  (Penulisan Ulang Bagian Kelima "Sejarah & Silsilah Raja Goesar", oleh St. Drs. M. Stg. Goesar Sijabat - Ompung Artha)